Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat tempat telur dari kertas kado dengan mudah

Cara membuat tempat telur dari kertas kado dengan mudahMendapatkan seorang anak atau buah hati merupakan sebuah anugrah dan rezki yang tak ternilai harganya, apalagi anak yang pertama otomatis anda akan menjadi seorang ayah (pria) dan seorang ibu (wanita).

Setelah beberapa bulan setelah seorang anak dilahirkan, pada umumnya setiap anak akan diberi nama oleh orang tuanya, dalam pemberian nama ini setiap daerah di Indonesia memiliki ritual dan adat kebiasaan yang berbeda-beda tetap tetap berpegang teguh pada agama.

Pada umumnya kebiasaan yang paling lazim digunakan dengan mengadakan syukuran, kelilingan untuk wilayah kalimatan. Salah satu yang menarik dari acara ini yaitu menggunakan telur sebagai media untuk meletakkan nama sianak yang ditempelkan pada cangkang telur yang diberikan kepada warga yang menghadiri acara tersebut.

untuk itu banyak sekali berbagai olahan rumahan yang menyediakan jasa atau menjual tempat atau wadah telur tersebut dengan berbagai bentuk dan kreasi yang unik.

Jika kalian pergi kesupermarket atau toko tradisional, anda pasti cukup mudah menemukan tempat telur dengan berbagai bentuk, bahkan perusahaan besarpun sudah melirik bisnis tempat telur, mengingat kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi.

Tapi bagi anda yang ingin bekreasi sendiri untuk membuat wadah atau tempat telur untuk putra atau putri anda, kenapa tidak mencobanya? Proses pembuatannya cukup mudah dan simpel, salah satu yang cukup populer dengan biaya yang terjangkau serta proses pembuatan yang tidak terlalu rumit yaitu dengan memanfaatkan kertas kado dan bahan pendukung lainnya.
Pada dasarnya proses pembuatan tempat telur ini sama halnya dengan pembuatan tas dari kertas, bedanya hanya skala dan fungsinya. Oke tampa memperpanjang penjelasan lagi, berikut ini admin sajikan tutorial cara membuat tempat telur dari kertas kado.

#Cara membuat tempat telur dari kertas kado

Sebenarnya banyak sekali bentuk dan bahan yang dapat anda terapkan dalam pembuatan tempat telur yang unik untuk si buah hati anda, misal dari bekas minuman plastic seperti ale-ale atau the botol, dan sejenisnya.

Dalam kesempatan kali ini admin ingin menyuguhkan dari bahan kertas kado, karna cara pembuatan pasti sudah familiar bagi anda, sebelum itu terlebih dahulu kita siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan.

#Alat dan bahan
  • Gunting
  • Lem kertas
  • Pelubang kertas
  • Tali warna atau vita
  • Kertas kodo
  • Bekas kotak susu atau sejenisnya
  • Korek api + lilin
  • Pensil
  • penggaris


#Proses pembuatan wadah telur dari kertas kado
Langkah awal - sediakan alat dan bahannya terlebih dahulu agar proses pembuatan lebih cepat dan mudah

Langkah kedua – siapkan kertas kado, bentangkan, beri ukuran kertas sebagai contoh awal dengan panjang 21 cm dan lebar 10 cm, gunakan pesil dan penggaris

Langkah ketiga – gunting kertas kado yang telah di beri pola sebelumnya, mengingat jumlah yang dibutuhkan dalam proses pembuatan wadah telur ini banyak, kamu  bisa gunakan pola yang telah digunting sebagai contoh dalam pembuatan wadah berikutnya agar pekerjaan lebih cepat dan mudah

Artikel terkait lainnya : Tanggal hari libur Tahun 2017M atau 1438H untuk Negara Republik Indonesia

Langkah keempat – lipat sisi atas dengan ukuran kecil dan lipat pula ukuran bawah dengan ukuran pada bagian bawah 2x lebih besar dari bagian atas, lipat juga pada sisi kiri untuk memudahkan proses pengeleman nanti, lakukan penekanan pada lipatan agar telihat bentuk garis pola

Langkah kelima – buka kembali lipatan pada sisi bawah (yang paling besar) yang lainnya biarkan saja, selanjutnya lipat menjadi 2 bagian sama rata dan beri lem pada sisi kiri telah anda lipat sebelumnya.

Cara membuat tempat telur dari kertas kado dengan mudah
Cara membuat tempat telur dari kertas kado dengan mudah

Catatan : Tujuan dari melipat bagian sisi bawah sebelumnya untuk memudahkan pembentukan pondasi dasar nanti, untuk itu perlu dilipat sebelumnya lalu dibuka kembali.

Langkah keenam – setelah bagian kedua sisi dilem, selanjutnya tekuk kedua bagian sisi kiri dan kanan, beri tekanan sedikit, selanjutnya buka kembali, proses ini bertujuan untuk memudahkan pembuatan pondasi bawah agar lebih rapi. Maka hasilnya akan berbentuk seperti balok / kotak.

Cara membuat tempat telur dari kertas kado dengan mudah
Cara membuat tempat telur dari kertas kado dengan mudah

Langkah ketujuh – selanjutnya keproses ini yaitu pembuatan pondasi wadah telur dengan cara tekuk pada bagian bawah telur (sisi kiri bawah dan sisi kanan bawah), selanjutnya lipat bagian sisi atas dan bagian sisi bawah, beri lem kertas agar kuat pada setiap lipatan yang ada, untuk lebih jelas lihat gambar berikut :

Cara membuat tempat telur dari kertas kado dengan mudah
Cara membuat tempat telur dari kertas kado dengan mudah

Langkah kedelapan – agar pondasi makin kokoh, siapkan kertas karton atau kertas bekas dari kotak r@kok atau obat nyamuk atau kotak susu (intinya kertas keras), gunting dengan ukuran sesuai lebar dan panjang wadah telur, pasangkan pada permukaan wadah beri sedikit lem agar tidak muda lepas

Langkah kesembilan – selanjutnya beri lubang pada bagian atas kotak menggunakan pelubang kertas

Langkah kesepuluh – langkah terakhir yaitu memberikan pegangan wadah telur menggunakan tali warna ataupun vita, jika anda menggunakan tali warna potong sesuai ukuran standar, masukkan pada tiap – tiap lubang yang telah dibuat, agar tidak mudah lepas bakar ujung tali warna dan satukan pada ujung yang lainnya. Sedangkan jika anda menggunakan vita, maka tidak perlu melakukan proses pelubangan , kamu bisa langsung stiker vita pada bagian atas seperti pegangan tas pada umumnya. Prosespun selesai, dan hasil akhirnya seperti gambar berikut ini

Cara membuat tempat telur dari kertas kado dengan mudah
Cara membuat tempat telur dari kertas kado dengan mudah

#Tips agar tempat telur lebih wangi dan harum
Selain menyiapkan wadah telur yang unik, diperlukan juga pendamping wadah telur tersebut agar lebih harum dan wangi, biasnaya agar wadah telur lebih wangi ditambahkan potongan pandan dan bunga – bunga seperti bunga jarum ataupun bunga yang memiliki corak warna yang cerah serta ditambah dengan farfum alami. Campurkan semua bahan tersebut hingga menjadi perpaduan warna yang menarik, nah penggunaanya yaitu diletakkan pada wadah telur berdampingan dengan telur yang telah diberi label nama anak. Wadah telur siap di bagian kepada warga yang dating pada acara anda.

Nah, mudah bukan proses pembuatan wadah telur menggunakan kertas kado, masih banyak lagi tutorial cara pembuatan wadah telur yang lainnya seperti dari bekas plastic ale-ale ataupun dari anyaman vita, mungkin dalam kesempatan lain admin akan menyuguhkan.

Catatan sedikit, proses pembuatan wadah telur ini dapat anda terapkan dalam pembuatan tas unik, yang membedakannya hanya segi ukuran tas dan bahan kertas yang digunakan.

Misalkan anda ingin mengadakan pesta ulang tahun anak anda, otomatis selalu ada bingkisan jajanan anak yang diberikan oleh tuan rumah, kamu bisa membuat tas ulang tahun dengan tutorial diatas.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah kreativitas dan pengetahuan anda dalam memanfaatkan berbagai bahan untuk di olah menjadi nilai lebih, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membuat tempat telur dari kertas kado dengan mudah"

Berlangganan via Email