Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menulis surat dagang (penawaran) beserta contohnya

Cara menulis surat dagang (penawaran) beserta contohnya - Keta sudah tidak asing ladi dengan namnya surat, hampir setiap perusahaan dan kalangann pekerja berurusan dengan surat baik dalam ranah swasta ataupun kepemerintahan.

Diera sekarang yang cukup canggih, tehnik dan cara pengiriman surat sudah mengandalkan fasilitas internet, seperti gmail. Walupun demikian tetap saja penulisan dalam surat harus benar.

Melalui media surat seseorang dapat berkomunikasi secara lebih formal ketimbang hanya percakapan biasa. Hubungan yang di buat antara satu individu dengan individu lain tidak hanya sekedar sosialisasi, pertemanan, namun juga  masuk dalam dunia pekerjaan dan instansi dinas.

Cara menulis surat dagang (penawaran) beserta contohnya
Cara menulis surat dagang (penawaran) beserta contohnya

Salah satu yang akan kita kupas kali ini mengenai surat dagang atau surat penawaran. Apa itu surat dagang (penawaran)? Surat penawaran adalah surat yang telah dibuat oleh suatu lembaga instansi dan perusahaan untuk mengimpormasikan mengenai produk atau jasa yang jual kepada konsumen agar dapat membeli produk yang telah ditawarkan dalam surat penawaran.

Surat penawaran dibuat oleh suatu lembaga perusahaan  biasanya karna permintaan dari lembaga lain untuk bersedia memberitahukan berbagai rincian produk yang akan dibeli nantinya.

Namun terkadang surat penawaran tidak mesti harus ada permintaan dari calon pembeli itu sendiri, melainkan perusahaan tersebut mencari – cari calon pembeli dengan membidik lembaga perusahaan yang sangat berpotensial untuk membeli barang yang ditawarkan.

Hal ini sama seperti periklanan yang menawarkan produk kepara calon konsumen, namun bedanya yaitu surat penawaran atau surat dagang lebih bersifat formal.

Nah, dalam kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai tata cara dan unsur – unsur yang terdapat dalam surat permintaan disertai dengan contoh yang memadai agar dapat mudah dipahami oleh anda, bagaimanakan langkah –langkah? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

#Cara menulis surat dagang (penawaran)

Surat niaga adalah salah satu kelompok surat dalam bidang perniagaan bersifat ekonomi dan bisnis. Salah satu dari cabang surat niaga yaitu surat penawaran, surat dagang, surat permintaan dan lain sebagainya.

Salah satu fungsi utama yang harus kamu perhatikan dalam penulisan surat penawaran yaitu bertujuaan untuk memperkenalkan suatu barang produk atau jasa kepada para konsumen, oleh karna itu pihak dari perusahaan anda harus mencamtumkan informasi atau keterangan paling utama tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Komponen – komponen informasi produk atau jasa yang ditawarkan tersebut meliputi 7 hal yaitu :
  1. Nama barang
  2. Spesifikasi atau perincian
  3. Kualitas produk yang ditawarkan
  4. Harga per-unit + diskon dan potongan harga yang diberikan oleh pihak perusahaan
  5. Syarat – syarat pembayaraan
  6. Tata cara pengiriman barang
  7. Serta pelayanan purna jual

Artikel terkait lainnya : 10 Tips berinternet yang positif dan pencegahan terhadap yang haram

komponen-komponen diatas merupakah point terpenting dalam penulisan surat penawaran, dan menjadi pembeda antara jenis – jenis surat pada umumnya. Sedangkan untuk sruktur surat penawaran terdiri dari 8 komponen utama, apa saja itu, simak penjabaran berikut.

#Sruktur Surat penawaran yang benar

Surat yang dibuat dengan kaidah yang benar akan memberikan kesan tersendiri dan kepercayaan lebih kepada pihak konsumen sehingga peluang untuk terjadinya proses transaksi dapat berlangsung. Adapun struktur surat dagang – penawaran terdiri dari beberapa hal yang berurutan diantaranya sebagai berikut:
  1. Kepala surat
  2. Tempat dan tanggal surat
  3. Nomor, lampiran dan perihal
  4. Alamat surat
  5. Salam pembuka
  6. Isi surat
  7. Salam penutup
  8. Nama dan tanda tangan pengirim

Agar lebih jelas perhatikan contoh dan sketsa bentuk surat penawaran berikut ini.

Cara menulis surat dagang (penawaran) beserta contohnya
Cara menulis surat dagang (penawaran) beserta contohnya

#Contoh teks surat penawaran (surat dagang)
agar dapat memahami cara penulisan surat penawaran, sangat baik untuk melihat teks atau contoh surat penawaran secara langsung, berikut ini contoh surat penawaran atau surat dagang:

PT PMC DARAT
JALAN ANUGRAH RAYA 199, JAMBI
TELEPON (123) 76543277, FAKSIMILE 776654329

Nomor : 444/PD/III/2017                                              Jambi, 18 Februari 2017
Lampiran  : 3 lembar
Perihal : Penawaran peralatan kantor

Yth. Direktur PT KAMPUNG DURIAN
Jalan Taluk 99
Jambi

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan surat permintaan penawaran produk 33/KL/2017 mengenai perlatan kantor yang adan butuhkan, dengan ini kami menawarkan barang – barang sebagai berikut.
1. Kompoter dengan semua merek terkenal
2. Mesin printer merek Canon
3. Lemari dokumen merek Atong
4. Meja kursi kantor profesional merek halalun
Bersama surat ini, kami lampirkan brosur perlatan dan petunjuk manualnya, jika anda berminat, kami akan mengirim agen kami untuk memberitahukan penjelasan sebagaimana yang dibutuhkan.
Demikian penawaran ini kami sampaikan, atas pertimbangan dan perhatian anda, kami ucapkan terima kasih.

                                                                                                     Hormat kami,
                                                                                                           TDD
                                                                                                 Drs. Syamsul Bahri
                                                                                             Direktur Bagian Pemasaran

PT PUNYA TUNGKAL
JALAN BERINGIN LUBAK 456, JAMBI
TELEPON (435) 9998764, FAKSIMILE 098334723


Nomor             : 494/PT/V/2017                                                      Jambi, 19 Februari 2017
Lampiran         : 10 lembar
Perihal             : Penawaran barang kebutuhan rumah tangga
Yth. Direktur PT WFC KECE
Jalan Parit 11
Jambi

Dengan Hormat,
Kami dari PT PUNYA TUNGKAL bermaksud memperkenalkan diri, perusahaan kami yang bergerakk di bidang produk barang kebutuhan ruman tangga terlengkap dan terkenal untuk daerah jambi.
Bersama ini kami lampirkan brosur barang kebutuhan rumah tangga, daftar harga, syarat pembayaraan, dan pengiriman barang. Jika anda berkenan, kami akan mengirimkan secepatnya dan akan memberikan potongan harga sebesar 20% jika anda membeli pada bulan ini.
Sambil menunggu pesanan anda, kami ucapkan terima kasih.

                                                                                            Hormat kami,
                                                                                           TDD
                                                                                            Drs. Fika Aryani
                                                                                             Direktur Pemasaran

Nah, sekarag kamu sudah tahu bukan cara Cara menulis surat dagang (penawaran) yang benar, selain dari pada itu kamu juga harus memperhatikan kaidah – kaidah penyusunan kata serta penggunaan tanda – tanda dalam Bahasa Indonesia yang benar agar lebih profesioal.

Surat penawaran yang telah dibuat dapat dikirim melaui via jasa pengiriman surat, atau secara pribadi atupun yang lebih praktis melalui via internet.

Setelah surat dikirimkan, selanjutnya hanya menunggu konfirmasi dari pihak konsumen apakah bersedia membeli ataupun tidak. Jika pihak konsumen jadi membeli produk yang anda tawarkan, layanilah dengan baik dan lakukan pelayanan prima dari pihak perusahaan anda agar kepuasaan pelanggan dapat tercapai.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan anda dalam surat – menyerut, dalam kesempatan lain admin akan membahas mengenai berbagai tata cara penulisan surat lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara menulis surat dagang (penawaran) beserta contohnya"

Berlangganan via Email