Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inspirasi hidup albert Einstein untuk kebahagian dari kesederhanaan

Inspirasi hidup albert Einstein untuk kebahagian dari  kesederhanaanSiapa yang tidak kenal dengan albert Einstein seorang ilmuan yang cukup berpengaruh didunia, banyak sekali ide dan hasil karnya-nya dalam bidang sains dan teknologi yang menjadi cikal bakal teknologi pada abad ini. Dalam artikel kali ini kita akan mengulas lebih jauh mengenai sejarah singkat dari albert Einstein serta apa saja yang dapat kita ambil intisari dan ispirasi serta motivasi dari kehidupan beliau.

Mungkin dari setiap orang memiliki pandangan-nya masing – masing dalam menguraikan kisah dan insrpiran dari albert Einstein, ini menurut versi admin  yang terinspirasi dari karya Dr. Dale Carnegie.

Salah satu bentuk nasehat kehidupan yang dapat kita temukan yaitu dengan membaca biografi atau jejek para tokoh dengan melihat pengalaman hidupnya, karna dengan membaca pengalaman hidup seseorang kita bisa mengambil pelajaran yang baik dalam kisah tersebut. Tampa memperpanjang ulasan mengenai ini, mari kita jelajahi tokoh albert Einstein.

#Inspirasi hidup albert Einstein untuk kebahagian dari  kesederhanaan

albert Einstein lahir dikota jerman, saya cukup mengagumi beliau sebab kecerdasan dan kamampuan berpikir yang ia miliki, selain itu albert Einstein juga orang yang pantang menyerah, dan juga mencintai keserhanaan dalam menemukan kebahagian hidup.

Inspirasi hidup albert Einstein untuk kebahagian dari  kesederhanaan
Inspirasi hidup albert Einstein untuk kebahagian dari  kesederhanaan

Tapi siapa yang mengira atau menebak, seseorang yang dianggap jenius pada masanya serta masih menjadi perbincangan hangat pada abad ini, ternyata masa kecilnya hanyalah seorang anak yang sangat lambat dalam berbagai hal, tidak mudah bergaul (malu-malu), ia sangat sulit menerima pelajaran bahkan dikisahkan ia sangat sulit menerima berbagai hal informasi maupun berbicara (sulit berbicara).

Namun apa yang terjadi setelah ia menginjak dewasa, ia menjadi seorang yang sangat jenius, kecakapan yang luar biasa, bahkan ada yang mengatakan seorang albert Einstein adalah ahli pikir yang termasuk  dalam orang paling pandai dalam sejarah manusia (pendapat atau teori dari beberapa orang).

Motivasi dan inspirasi pertama – kita selalu mengeluh tentang keadaan kita di masa sekarang, padahal bisa jadi dimasa yang akan datang kamu menjadi orang yang sukses, namun semua itu tidak akan terwujud tampa adanya usaha dan ikhtiar, semuanya memerlukan proses yang panjang, tak ibahnya seorang petani menanam padi hingga menuai buah setumpuk beras. Jika kamu tidak berusaha dari sekarang dan hanya mengeluh kesah dengan keadaan, kamu tak akan maju dalam hidupmu melainkan membuang sisa umurmu yang berharga, kenapa kita gelisah memikirkan masa depan yang belum tentu seperti yang kita inginkan, fokuskan masa yang ada dengan memberikan suatu karya dalam hidupmu,bisa jadi masa depanmu akan lebih cerah dari apa yang kamu kehendaki.

Lanjut kisah – banyak orang yang mengatakan seorang albert Einstein adalah orang yang aneh, karna teori relativitasnya yang cukup mendunia membuat semua orang berpikir keras untuk memahaminya. Bagimana tidak teori relativitasnya menjelaskan bahwa ia tidak menyukai kemewahan, kekayaan, pangkat dan jabatan,  yang pada umumnya sangat dihasratkan oleh kebanyakan manusia. Ia lebih menyukai kesederhaan dan hidup apa adanya.

Hal ini memang terbukti, karna dikisahkan dalam suatu ketika seorang albert Einstein menaiki sebuah kapal yang cukup mewah, karna kapten kapal tahu bahwa seorang albert Einstein adalah seorang ilmuan besar, mereka menawarkan kamar dan pelayanan terbaik kepada albert Einstein. Namun apa yang di jawab oleh albert Einstein ia lebih menginginkan sebuah ruangan di geladak tengah dari pada mendapatkan pelayanaan mewah. 

Motivasi dan inspirasi kedua – kita selalu mengeluh dengan keadaankita sekarang dan selalu ingin menginginkan itu dan ini, padahal kebahagian itu tidak di ukur dengan materi, namun kekayaan hakiki itu adalah menemukan kebahagian dengan apa yang kamu sukai dengan merasakan ketenangan hati yang sesungguhnya.

Lanjut kisah – ketika umur albert Einstein minginjak 50 tahun, ia memperoleh berbagai penghargaan dari pihak pemerintah dengan memberikan rumah, tanah, jaminan hidup, patung untunya dipostdam, serta kapal layar dan masih banyak yang lainnya yang diberikan atas rasa bangganya dan kagumnya bangsa jerman (pemerintahan jermah) tehadap penemuan dan karyanya.

Motivasi dan inspirasi ketiga – memberikan suatu karya dan jasa dengan sungguh – sungguh akan membuahkan hasil dikemudiah hari, banyak orang yang mengeluh tak mendapatkan apa – apa terhadap apa yang Ia usahakan, padahal semua itu tidaklah di dapat secara cepat dan insan melainkan butuh waktu dan proses hingga pada akhirnya allah.swt akan melih perjuanganmu. Jadi intinya teruslah berkarya dan berikan hal – hal yang bermanfaat untuk orang banyak, dan niatkan hanya untuk ibadah kepada allah.swt

Lanjut kisah – perjalanan hidup seorang albert Einstein tidaklah begitu mulus baik dalam hasil karyanya dan perjalanan hidupnya. Pada saat menciptakan bolam lampu ia menemukan 1000 kegagalan sebelum menemukan 1 keberhasilan. Selain itu setelah beberapa lama penghargaan dan harta yang diberikan oleh bangsa jermah, terjadilah konflik yang cukup hebat pada saat itu yang menyebabkan harta dan kekayaanna dirampas oleh orang lain.

Motivasi dan inspirasi keempat – kita tidak pernah mengetahui perjalanan hidup kita, kadang – kadang kita diatas dan terkadang kita berada dibawah. Allah.swt akan menguji seorang hamba dengan berbagai cobaan, barang siapa yang sabar dan tawakal maka ia termasuk orang yang bertakwa kepadanya. Setiap usaha yang dikerjakan tidak selamnya berhasil, tentu akan menemukan kegagalan dan kegagalan, namun kegagalan itulah yang menjadi energy akan keberhasilan, pantang menyerah dan tekun serta mau berusaha pada akhirnya akan sampai pada cahaya terang yaitu kesuksesan dan keberhasilan yang tak ternilai harganya.

Lanjut kisah – setelah mengalami konfilik yang panjang, akhirnya ia memutuskan hijrah ke newyork, sesampainya disana ia mendapatkan pekerjaan sebagai profesor mete-mateka di institute for advanced study di prenceton. Banyak media yang ingin meliput dan mewawancari beliau, namun beliau selalu rendah hati tidak pernah menyombongkan imunya, hal ini dibuktikan karna seorang albert Einstein tidak meyukai berbagai liputan dari awak media, Ia selalu berusaha mengelakan wartawan – wawancara- maupun sambutan – sambutan yang terlalu meriah.

Motivasi dan inspirasi kelima – terkadang kita sering kali mengeluh dan sebuah cobaan hingga kita terkubur dengan kesedihan yang berlarut – larut, tapi lihatlah seorang albert Einstein ia tidak mengeluh dengan apa yang terjadi, ia pindah ke newyork dan menjadi seorang profesor besar di salah satu institute yang cukup terkenal di amerika. Selain itu keberhasilan yang ia toreh bukanlah ajang untuk membanggakan diri melainkan ajang untuk berkarya untuk kemaslahatan orang banyak dengan berbagai ilmu pengetahun.Lanjut kisah – dari berbagai pengelaman hidup seorang albert Einstein , salah satu karya terbaiknya yaitu menurut pribadi admin sendiri yaitu teori relativitasnya, karna jika kita mampu memahami teori ini kita akan menemukan kebahagian hidup dari berbagai hal – hal kecil di sekitar kita.

Teori relativitasnya mengatakan secara sederhana “jika anda duduk di samping seorang wanita cantik selama satu jam, anda hanya akan menganggapnya satu menit. Akkan tetapi jika anda duduk di atas sebuah bangku panas selama satu menit, maka sam seperti satu jam.

Mungkin sebahagian kita sulit sekali mengartikan maksud dari teori relativitasnya, termasuk admin pribadi. Hal ini sesuai dengan beliau katakana bahwa didunia ini hanya ada 12 orang yang memahami teori relativitasnya, meskipun lebih dari Sembilan ratus ribu buku yang berusaha menerangkan dan menjabarkannya.

Artikel terkait lainnya : Pengertian dan ciri-ciri profesionalisme dalam bekerja

Agar kita semua semakin tidak bingung dengan teori relativitasnya, berikut beberapa intisari yang dapat admin tangkap sesuai dengan buku yang dikemukakan oleh DR. Dale Carnegia. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak ulasan berikut ini.

#Makna Teori relativitas untuk kebahagian dari  kesederhanaan

Lanjut kisah – Albert Einstein sudah 2 kali menikah, dari istri pertama ia mendapatkan 2 orang , keduany adalah anak laki – laki yang sukses. Nyonya Einstein mengungkapkan bahwa ia sendiri tidak terlalu paham dengan teori relativitasnya namun ia tahu dan memahmi suaminya lebih dari siapapun.

Nyonya Einstein menjelaskan tentang suaminya bahwa seorang albert Einstein adalah seorang yang mengerjakan apa yang ia inginkan tampa kapan saja ia mau, dalam hidupnya ia hanya memiliki dua prinsip tutur nyonya Einstein yaitu:

1.Tidak ada aturan selama itu pekerjaan atau aktivitas yang baik2.Bebaskan tentang pendapat orang lain terhadap-mu.

Ia berusaha membuat hidupnya bahagian dari hal – hal kecil dengan keserhanaan yang ada, jika hanya sekedar memakai 2 buah sabun mandi membuat seorang albert Einstein menjadi ribet tentu ia hanya memakai  1 sabun saja.

Menurut Dr. Dale carnegia berpendapat bahwa seorang albert Einstein memberikan subuah filsafat kebahagian yang luar biasa, sebab ia tidak pernah mengingkan sesuatu yang kebanyakan orang inginkan, melainkan ia berjalan apa adanya dengan penuh hal – hal yang positif dan kebahagian dalam hidupnya. 

Motivasi dan inspirasi keenam – hidup itu adalah pilihan kita, terkadang kita bingung untuk meraih kebahagian padahal kebahagian itu tidak lain ada di dalam diri anda sendiri, banyak orang yang terombang – ambing dengan omongan orang lain yang berusaha menjatuhkan-mu, berusaha mengubahmu, dan lain sebagainya.

Padahal orang yang kuat itu adalah orang yang mampu menjaga dirinya dari perubahan yang di berikan oleh orang padahal kepribadianmu sangatlah baik.
Lihatlan albert Einstein ia dibilang oleh sebahagian orang yang aneh, tetapi inilah dia, dia terus menunjukkan suatu karya – karya yang berharga dalam hidupnya, tampa memikirkan pendapat atau argument orang lain yang berusaha menjatuhkannya.

Temukan kebahagian dari senyuman dan kebahagian yang kamu pancarkan pada orang lain,hidup itu rumit namun jika kamu merasa bahagia menjalaninya tentu serumit apapun hidup tentu akan bahagia juga.

Syukuri apa yang ada padamu maka kamu akan menemukan ketenangan hatimu, tampa memperdulikan ocehan dan omongan orang lain yang berusaha menjatuhkan, bahkan jikapun kamu hanya makan satu potongan buah singkong harimu namun kamu bersyukur atas rezki yang allah.swt berikan padamu, tentu kebahagian itu akan terpancar dari hatimu. Itulah mengapa saya mengatakan bahwa kebahagian itu berawal dari kesederhanaan tampa banyak neko – neko.

Inilah yang sangat saya banggakan dari seorang albert Einstein  yaitu ia sama sekali tidak menyukai  dan menginginkan populeritas, kekayaan, kemewahan hidup, melainkan hanya sekedar sebuah keserhanaan dengan apa yang kita punya sekarang dan berusaha menghargainya.

Nah, sekarang kamu sudah mendalami perjalanan hidup dan kisah seorang albert Einstein, semoga motivasi dan inspirasi ini menjadikan kita lebih baik kedepannya dengan mensyukuri apa yang kita punya sekarang. wasallam

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Inspirasi hidup albert Einstein untuk kebahagian dari kesederhanaan"

Berlangganan via Email