Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan kekurangan bibit tanaman cangkok dan biji pada tumbuhan

Kelebihan dan kekurangan bibit tanaman cangkok dan biji pada tumbuhan  - Berkebut atau bercocok tanam merupakan salah satu pekerjaan yang cukup banyak di Indonesia, hal ini didukung faktor tingkat kesuburan tanah dan budaya masyarakat lokal, tak heran memang Indonesia dikenal sebagai negara agraris.

Banyak sekali tumbuhan dan tanaman yang di budidayakan, baik itu tumbuhan pokok, sayur, buah dan berbagai tumbuhan obat, dan tamanan  hias. Selain tanaman yang  di budidayakan, Indonesia juga sudah terkenal dengan berbagai tumbuhan dari berbagai jenis flora yang begitu menakjubkan yang tersebar dari sabang hingga maroke yang tumbuh secara liar.

Rata-rata semua orang pasti memiliki kebun,karna difinisi kebun itu tidak hanya sebuah tanah yang besar hingga mempunyai beberapa hektar lahan yang ditanami berbagai tumbahan yang sama, seperti kebun kelapa, kebun kelapa sawit, kebun durian, kebun pinang, dan lain sebagainya.

Namun definisi kebun juga dapat berbentuk wadah atau lapangan yang kecil yang ditanami dengan beraneka ragam tumbuhan, seperti kebun dipekarangan rumah, baik itu di depan rumah atau kebun belakang rumah.

Jadi hampir rata-rata semua orang pasti memiliki kebun di rumahnya masing-masing. Jika disesuaikan dengan fungsinya, kebun di area depan lebih cocok ditanami oleh berbagai tanaman hias serta tanaman obat hingga bumbu bumbu masak. Sedangkan untuk kebun belakang rumah lebih kepada tanaman yang rindang dan lebat daunnya dan kokoh batangnya, seperti pohon mangga, pohon belimbing, pohon jambu dan masing banyak yang lainnya.

Dalam proses berkebun tentu banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari penyiapan lahan, penyiapan bibit, proses penanaman, perawatan, hingga perawatan jangka panjang hingga menghasilkan buah yang dapat di manfaatkan.

Mungkin bagi seorang petani atau pekebun sudah mengetahui cara menyiapkan berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan bercocok tanam, namun bagaimana dengan yang ingin  memulai berkebun di pekarangan rumah yang masih amatiran.

Kelebihan dan kekurangan bibit tanaman cangkok dan biji pada tumbuhan
Kelebihan dan kekurangan bibit tanaman cangkok dan biji pada tumbuhan

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan mengulas sedikit ilmu mengenai bibit tanaman yang dapat digunakan dalam proses berkebun nantinya. Secara umum untuk mendapkan bibit kualitas unggul tentu cukuplah mudah yaitu dengan hanya membeli ditoko – toko tanaman terdekat, sedangkan untuk cara penanaman suatu pohon tergantung dari jenis pohon itu sendiri, ada yang melalui proses biji, stek batang, menggunakan tunas pohon hingga cangkok.

Untuk jenis tanaman yang memiliki bentuk yang besar dan berbatang keras serta memiliki bentuk daun yang labat seperti mangga, jambu air, jambu biji, pohon belimbing, pohon jeruk, pohon durian, dll, dapat kita kelompokkan proses pengambilan bibit dengan cara dicangkok dan dengan bibit biji.

Tanaman buah mangga dan jambu serta belimbing, sirsak, jeruk adalah jenis tanaman yang paling banyak ditanaman di kebun belakang rumah. Jika anda ingin menanam jenis tanaman seperti ini, kamu bisa memilih bibit dari proses cangkok dan proses biji.

Namun sebelum itu ada baiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu apasaja keunggulan dan kekurangan tanaman yang ditanam menggunakan bibit biji dan bibit cangkokan.

Nah, berikut ini kami sajikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan bibit tanaman cangkok dan bibit tanaman biji, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, yuk! Kita simak ulasan berikut ini.

#Kelebihan dan kekurangan bibit tanaman cangkok dan biji

Selain lahan yang baik, penggunaan pupuk dan perawatan yang maksimal, pemilihan bibit tanaman merupakan point yang sangat penting mengingat bagus tidaknya buah atau pertumbuhan dari tanaman tergantung pada bibit yang ditanam, semakin baik bibit yang ditanam tentu semakin baik pula buah serta proses pertumbuhannya.

Artikel terkait lainnya : Cara membuat Guci dan vas bunga dari kertas bekas

Selain itu pemilihan bibit dengan proses cangkok dan proses biji juga memiliki efek yang berbeda serta memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. agar anda dapat mempertimbangkan mau memilih bibit yang mana, berikut ini ulasannya.

#Kelebihan dan kukarangan bibit tanaman cangkok

Apa itu proses cangkok pada tanaman? Proses cangkok tanaman adalah proses pembuatan bibitan tanaman dengan cara mengupas kulit jaringan tumbuhan  untuk dapat diberikan berbagai unsur zat yang mampu menumbuhkan akar jaringan pada tumbuhan tersebut, biasanya, unsur zat tersebut pada umumnya tanah, serabut kelapa, pupuk kandang, dll yang dibalut dengan rapi.

Proses ini berlangsung hingga 1 – 2 bulan hingga kulit jaringan tumbuhan yang telah dikupas terisi dengan jaringan akar – akar, setelah tumbuh jaringan akar, maka tumbuhan tersebut siap dipotong pada bagian ujung batas cangkok, dan proses pembuatan bibit tanaman cangkok siap digunakan dengan cara menanmkan ujung batang cangkokan yang berakar hingga tumbuh dengan sendirinya hingga mencapai 1 bulan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan bibit cangkok pada tanaman :

#Kelebihan
Proses Perawatan mudah – maksudnya yaitu dalam proses pencangkokan tidak membutuhkan perawatan yang begitu estra ketika menunggu akar tumbuh pada jaringan batang, untuk itu keunggulan jenis bibit cangkok adalah perawatannya yang  mudah ketimbang bibit dari biji.

Lebih cepat besar – Tumbuhan yang ditaman dengan bibit cangkok akan menghasilkan pertumbuhan tanaman yang sangat cepat, semakin besar media bibit yang dicangkok semakin cepat pertumbuhan pada tanaman.

Lebih cepat berbuah – Selain lebih cepat dalam proses pembentukan batang, pohon yang di tanaman dengan bibit cangkok akan lebih cepat berbuah ketimbang dari hasil bibit biji.

#Kekurangan
Tanaman akan cepat mati (singkat umurnya) – Walupun tanaman cangkok akan mengalami proses pertumbuhan yang sangat cepat, namun memiliki dampak negative pula yaitu tanaman akan mudah sekali menua dan mengalami proses kerusakan jaringan secara perlahan hingga tidak akan pruduktif lagi untuk menghasilkan buah dan akan lebih cepat mati.

Buah yang dihasilkan tidak sebanyak bibit biji – pohon yang baru saja ditanam dengan bibit cangkok akan cepat berbuah, namun buah yang dihasilkan tidak akan sebanyak pada tumbuhan dengan bahab bibit biji, selain itu buah dengan bibit biji akan lebih baik dan unggul ketika digunakan sebagai pembuatan bibit  - bibit selanjutnya.

Walupun cepat mengalami pembesaran pohon, akan tetapi tidak sebesar bibit biji  - pembentukan jaringan batang yang terlalu cepat menyebabkan proses pertumbuhan menjadi tidak seimbang sehingga ukuran tanaman untuk jenis cangkokan sulit sekali mengalami pembesaran pada umumnya.

Pohon yang telah terserang hama akan mudah mengalami kurusakan pada jaringan pohon dan buah – pohon dengan jenis cangkokan akan mudah sekali terserang hama, dan apabila sudah menjangkit dan merusak jaringan pohon, dapat menyebabkan kematian yang cepat pada pohon, intinya pohon dengan bahan bibit cangkok rentan terhadap hama tanaman.

#Kelebihan dan kukarangan bibit tanaman biji

Proses pembuatan bibit dengan proses biji memang membutuhkan perawatan yang ekstra sebab pada masa pertumbuhan awal, bibit – bibit tanaman mudah sekali terserang berbagai penyakit. Untuk itulah untuk proses pembuatan bibit dengan media biji harus dilakukan secara maksimal sampai terhasilkan bibit – bibit yang unggul yang siap ditanam. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan bibit dari hasil biji, ulasannya sebagai berikut:

#kelebihan
Akan memiliki masa tumbuh yang lama (tidak mudah mati) - maksudnya yaitu walaupun pertumbuhannya yang lambat mulai dari masa pertumbuhan tunas, pucuk awal daun hingga terbentuknya jaringan batang sampai ke proses terbentuknya buah, namun masa umur tumbuhan dengan bibit sangatlah panjang dan lama.

Memiliki ketahanan terhadap hama penyakit – pada awal pertumbuhan bibit tanaman biji memang sangat rentan terhadap hama, namun setelah terbentuknya jaringan batang, maka kekebalan untuk hama dan parasite akan lebih tinggi sehingga tumbuhan tidak akan mudah rusak.

Buah yang di hasilkan akan banyak dan berkualitas – buah yang dihasilkan dari bibit biji akan berkualitas super, serta dapat dijadikan bibit unggulan untuk tumbuhan berikutnya. Selain unggul, buah yang dihasilkan juga akan melimpah ruah.

#kekurangan
Sulit membedakan bibit yang unggul dari awal – Pada awal pertumbuhan, biji bibit – bibit unggul tanaman sukar untuk dibedakan karna memiliki bentuk yang sama, untuk itu kamu harus memilih atau langsung membeli di toko terdekat untuk memastikan biji – biji unggul siap untuk dijadian bibit.

Perawatan sulit pada masa pertumbuhan – memang untuk perawatan jenis tanaman dari bibit biji lebih estra dengan berbagai pendukung lainnya seperti tanah yang subur, pupuk organik, air yang cukup, sinar matahari yang pas, dan perawatan yang bagus, semua ini harus diperhatikan dengan sangat detail terutama pada fase awal pertumbuhan tanaman

Proses pertumbuhan yang cukup lama – Karna berawal dari sebutir biji hingga muncul tunas anakan hingga menjadi besar tentu memerlukan waktu yang cukup lama hingga masuk pase berbuah, untuk itu ini kelemahan terbesar dari bibit dari tanaman biji yaitu proses penen untuk menghasilkan buah cukup lama hingga pohon sudah dewasa atau tua.

Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai usia berbuah – untuk sampai pada pase berbuah atau pohon siap berbuah tentu memerluan rentan waktu yang cukup lama, apalagi untuk jenis pohon yang memiliki bentuk buah yang besar dengan ciri bergelantungan di ranting pohon seperti buah durian, buah nangka, dll. Agar pohon dapat berbuah, tentu ukuran diameter pohon harus besar terlebih dahulu sebelum mampu menggantungan buah yang begitu besar.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan kelebihan dan kekurangan dari bibit dari cangkok dan bibit dari biji pada tumbuhan, sekarang kamu bisa menentukan mana yang akan kamu pilih, apakah memilih masa penen cepat namun akan memiliki umum yang pendek (bibit cangkok), atau masa penen yang cukup lama hingga pohon sudah dewasa, namun memiliki rentan umur yang bertahan lama (bibit biji).

Tips 1 – Apabila  kalian ingin membuat bibit unggul baik itu cara cangkok maupun cara biji, kamu harus memperhatikan pohon mana yang lebih memiliki kualitas super dalam buah dan katahan fisik terhadap hama, sebab bibit unggul tidak akan jauh dari mana bibit unggul itu dibuat,  jadi sebelum membuat bibit unggul dari suatu pohon perhatikan dengan baik kualitas pohon tersebut.

Tips 2 – Walaupun membuat bibit dengan cara cangkok memiliki kelebihan pada bibit yang dibuat agar lebih cepat berbuah dan besar, namun pada fakta mengatakan bahwa pohon yang telah menerima lakuan cangkok pada bagian tubuhnya akan mengalami proses pengurangan jumlah buah pada tahun berikut serta akan menjadi lebih cepat menua yang menyebakan menyingkat umur masa pohon. Jadi untuk membuat bibit cangkok usahakan dalam satu pohon yang berkualitas tinggi.

Tips 3 – Pohon yang tumbuh dari hasil cangkok sangat tidak dianjurkan untuk dijadikan bahan bibit cangkok kedua, karna buah serta daya fisik pohon akan sangat rentan terhadap hama karna bibit yang dibuat dari awal sudah tidak bagus.

Tips 4 – jika anda memilih proses penanaman pohon dari bibit biji, maka harus teliti dan memperhatikan biji buah yang benar – benar berkualitas, sebab masa tumbuh dan masa berbuah sangat lama, jika dari awal bibit yang ditanam sudah tidak baik, tentu anda tidak akan menuai hasil atau penen yang baik, padahal sudah menunggu sampai beberapa tahun.

Intinya ketika ingin memulai berkebun kita sebaiknya mengetahui berbagai ilmu-ilmu dalam pertanian agar kita bisa mengetahui dan dan dapat menyelesaikan masalah ketika terjadi pada tanaman.

Jika hari ini anda ingin menanam pohon mangga di pekarangan rumah anda, sebaiknya anda mencari buku tentang cara menanam buah mangga yang baik, hal ini sangatlah penting dilakukan agar menghasilkan hasil yang baik dikemudian hari. Selain itu juga mengkonsumsi buah secara rutin apalagi dipetik di pekarangan rumah akan menghasilkan buah yang lebih fresh karna anda sendiri yang menanam dan merawatnya.

Semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat untuk anda dan menambah pengetahuan anda dalam dunia pertaniaan, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan kekurangan bibit tanaman cangkok dan biji pada tumbuhan"

Berlangganan via Email