Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips agar hasil fhoto ijazah dam KTP kamu bagus dan sempurna

10 Tips agar hasil fhoto ijazah dam KTP  kamu bagus dan sempurna Pernahkan kamu melakukan pemotretan untuk dicetak atau dicuci sebagai pelengkap dokumen penting seperti ijazah, KTP, piagam, sertifikat dan lain sebagainya? Pasti pernah dong. Bagaimana sikap kamu ketika ingin diambil gambar. Pasti mempersiapkan diri serapi mungkin agar hasilnya bagus, terutama ketika waktu sekolah dulu ketika ada agenda pemotretan untuk ijazah.hehe

Dalam kesempatan ini saya akan berbagi tips mengenai bagaimana seharusnya yang perlu kita siapkan dan lakukan ketika anda ingin melakukan pemotretan ijazah atau pembuatan KTP agar hasilnya bagus?

Yang perlu dipersiapkan ada dua macam yaitu dari orang yang memfhoto anda yaitu seorang yang ahli dan profesional serta didukung dengan kamare yang canggih, faktor kedua yaitu dari anda sendiri yaitu dengan tampil bersih dan rapi agar hasil kamera tingkat tinggi di dukung dengan  penampilan anda.

Mungkin faktor pertama dapat kita lewati, karna rata – rata ketika ingin mengambil fhoto ijazah biasanya menggunakan kamera yang bagus serta dengan ahlianya. Nah yang menjadi topik pembahasan kita kali ini mengenai faktor yang kedua dimana anda perlu mempersiapkan diri untuk tampil rapi dan bersih. 

10 Tips agar hasil fhoto ijazah dam KTP  kamu bagus dan sempurna
10 Tips agar hasil fhoto ijazah dam KTP  kamu bagus dan sempurna

Berikut ini beberapa tips yang perlu anda persiapkan ketika ingin mendapatkan fhoto ijazah atau KTP dengan hasil yang bagus, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

# Tips agar hasil fhoto ijazah dam KTP  kamu bagus dan sempurna

Ketika kamu diminta untuk berfhoto ijazah disekolah, pasti banyak sekali persiapan yang kamu lakukan, apalagi bagi kaum hawa yang ingin tempil cantik di depan kamera. Hehe.

Agar hasil fhoto yang kamu lakukan bagus dan baik, ada beberapa tips sederhana yang harus kamu perhatikan ketika ingin berfhoto KTP atau ijazah, diantaranya.

1. kamu harus tampan dan cantik
Sangan jelas sekali kamu harus tampan dan cantik dari lahir, karna tidak perlu di poles – poles, kamu akan terlihat tampan dan cantik secara natural di depan kamera. Pada dasarnya tampan dan cantik itu relatif dan universal pada semua orang, jadi perlu yakin dan pasti kalau kamu cantik dan tampan, pede aja kali.

2. Baju dan dasi kamu perlu di rapikan
Percuma dong kalau tampan dan cantik jika tampilan acak – acakan, apalagi sampai gak terurus, nah jika kamu ingin berfhoto ijazah pastikan baju putih biru kamu sudah kamu setrika pada malam harinya beserta dengan dasinya, dan pakailah secara rapi dan bersih agar hasil fhoto nantinya menjadi bagus.

Artikel terkait lainnya : Tips mencuci fhoto 3x4 dan 2x3 dengan hemat dengan jumlah yang banyak di studio Fhoto

3. bagi wanita tidak perlu ber-makeup terlalu menor
Percuma cantik kalau kecantikan natural kamu dilindungi make-up super tebal dan menor, bagi pelajar usahakan tidak terlalu menggunakan jenis make-up yang tebal sehingga terkesan tua dari umur yang ada. Sebaiknya pakailah make-up sewajarnya saja seperti anak sekolah pada umumnya (khusus wanita) sedangkan untuk pria, jangan coba – coba pakai make-up jika tidak ingin kelihatan unyu – unyu didepan kamera, hehe.

4. bagi wanita yang berambut panjang lebih baik diuraikan kebelakang
Style rambut wanita pada umumnya panjang dan sering di uraikan kedepan, ketika anda ingin melakukan pemotretan ijazah sebaiknya, ikat rambut kamu kebelakang saja karna terkesan lebih rapi ketimbang di uraikan kedepan karna objek yang diambil hanya berfokus pada wajah dan badan, ketika di edit hitam putih hasil yang terbaik adalah ketika posisi badan (bahu )di depan tidak digangu oleh objek rambut anda yang panjang sehingga terkesan tidak rapi. Pastikan juga ketika anda berfhoto rambut anda tidak menutupi telinga (khusus wanita).

5. bagi pria, style rambut harus dirapikan, jangan acak-acakan
Selain wanita, pria juga harus memperhatikan bantuk dan style rambut mereka, pastikan rambut anda tidak acak – acakan, gunakan minyak rambut atau obat rambut yang dapat bertahan lama agar terkesan lebih rapi, jangan menyisir rambut kerah atas seperti bentuk kerucuk,atau membuat poni didepan yang terlalu panjang, hal seperti terkesan kurang rapi dan kurang formal ketika digunakan untuk fhoto ijazah, sisirlah rambutmu kesamping atau sesuai seleramu dengan catatan harus rapi dan formal.

6. belajarlah ekspresi muka yang paling pas untuk kamu
Ternyata ekspresi muka dalam berfhoto, juga mempengaruhi kualitas fhoto ijazah kamu, sebab objek yang paling utama yang diambil adalah wajah. Biasanya setiap orang memiliki bentuk dan ekspresi wajah yang berbeda  namun secara universal ekspresi wajah yang baik adalah tidak cengengesan dan tidak cemburut, tidak terlalu datar, namun juga tidak terlalu sangar. Intinya pilihlah eskspresi wajah yang pas buat kamu dengan cara berlatih didepan cermin. Eksp

7. posisi badan harus tegap jangan bungkuk (terutama pria)
Walaupun objek utama fhoto adalah wajah, namun tetap ada sebagian bahu dan badan yang akan mengikut ketika fhoto di poting dan di edit, untuk itulah pastikan ketika berfhoto posisi bahu benar – benar rata, terutama pria harus kelihatan tegak dan gagah, jangan sekali – kali terlihat lemat atapagi membungkuk, sebab hasilnya nantik bisa tidak bagus. Hal ini juga berlaku bagi wanita dimana posisi bahu harus lurus (jangan miring – miring).

8. posisi kepala harus lurus jangan menunduk dan tertungak keatas
agar ketika di edit nanti hasilnya bagus, posisi kepala harus benar lurus, tidak boleh tertunduk atau tertungak karna ketika di edit posisi hidung kamu tidak akan telihat melainkan hanya lubang hidung.

9. pastikan posisi tangan kamu lurus
Agar baju kamu tidak kusut dan tidak banyak kerutan, lebih baik posisi tangan kamu lurus atau seperti posisi siap dalam baris – berbaris, posisi seperti ini akan membuat bahu kamu datar, sedangkan jika berfhoto dengan duduk, tetap tangan harus diluruskan kebawah.

10. Ketika menunggu giliran berfhoto, kamu harus memastikan kamu sudah rapi
Hal yang sederhana yang perlu kamu lakukan adalah memastikan kamu sudah rapi ketika akan dipanggil giliran berfhoto selanjutnya,  mulai dari point 1 hingga 9, kamu bisa meminta teman kamu memastikan apakah kamu sudah terlihat rapi dan besih.

Nah, itulah tips – tips sederhana ketika kamu ingin berfhoto ijazah atau KTP agar hasilnya bisa semaksimal mungkin. Biasanya pemoto / fhotografernya akan langsung memberikan insruksi yang tepad bagi kamu ketika akan berfhoto, ketika posisi kepala miring, dasi miring, maka photografer akan memberikan arahan yang tepad, akan tetapi dia tidak akan memberikan  arahan terlalu detail sampai ke style rambut dan make-up serta ekspresi wajah kamu, untuk itu kamu harus bisa mengatur sendiri seperti tips sederhana di atas agar hasilnya maksimal.

Semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat buat kamu yang ingin melakukan proses pemothoan ijazah atau KTP, sampai jumpa lagi pada artikel menarik lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "10 Tips agar hasil fhoto ijazah dam KTP kamu bagus dan sempurna"

Berlangganan via Email