Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memasang instalasi listrik di rumah beton dan kayu agar rapi

Cara memasang instalasi listrik di rumah beton dan kayu agar rapi - Ketika anda baru memulai membangun rumah tentu banyak sekali hal – hal yang perlu diperhatikan salah satunya pencahayaan rumah baik secara alami dengan sinar matahari maupun dengan bantuan tenaga lisrik.

Mengenai tenaga lisrik sangan erat kaitannya dengan instalasi lisrik rumah, karna rumah memerlukan cahaya lampu ketika malam hari di setiap ruangan, tentu pemasangan instalasi lisrik harus dilakukan di iringi dengan pembangunan rumah baru anda.

Biasanya para tukang kayu dan beton akan segera memasang instalasi lisrik rumah ketika rumah telah dibangun di setiap ruangan rumah yang memerlukan cahaya buatan.

Nah, dalam kesempatan kali ini, admin ingin memberikan tips sederhana ketika ingin memasang instalasi lisrik di rumah yang berbahan beton (batu) dan rumah berbahan kayu agar terlihat rapi. Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

#Cara memasang instalasi lisrik di rumah beton dan kayu

Tidak semua tukang bangunan bisa memasang instalasi rumah, biasanya untuk perkara ini bisa di serahkan ke ahli lisrik. Namun bagi pekerja ahli bangunan tentu pembekalan mengenai cara pemasangan instalasi lisrik rumah haruslah dipelajari juga mengingat hal ini juga merupakan bagian penting ketika anda di minta memborong membuat rumah baru.

Artikel terkait lainnya : 7 Tips menghindari bootlop dan mati total pada handphone android

Memasang jalur instalasi lisrik memang tidak bisa sembarangan serta ada bebera kaidah agar kabel – kabel listrik terlihat rapi serta tidak mudah putus di gigit tikus, apalagi konsleting arus lisrik. Agar hal ini tidak terjadi, berikut ini tips sederhana yang dapat kamu lakukan.

#1. Gunakan selalu selang/pipa (box) pada jalur kabel
Ketika ingin memasang instalasi lisrik di rumah beton dan kayu, pastikan menggunakan selang atau viva sebagai jalur kabel, fungsinya agar kabel tidak mudah di gigit tikus dan tidak mudah terurai kemana-mana, selain itu penggunaan selang dan pipa plastik dapat memberikan kesan yang lebih rapi pada rumah kayu atau beton.

#2. Pasang terminal lisrik ditempat yang penting saja
Terminal lisrik berfungsi untuk menghubungkan arus lisrik dengan alat – elat lektronik lainnya, agar rumah terlihat lebih rapi, lebih baik memasang terminal di dinding rumah di tempat yang penting saja.

#3. Bagi rumah beton benamkan selang/pipa/box kabel pada di bagian dinding beton
Bagi yang membuat rumah baru dengan bahan beton, pastikan memasang instalasi lisrik di dalam dinding bangunan tersebut dengan cara dipahat dinding beton yang sudah kering lalu pasang pipa atau selang kedalam dinding beton, lalu tutupi lagi dinding beton tersebut dengan semen basah, tunggu hingga kering. Hal diatas juga dapat dilakukan ketika dinding beton masih dalam keadaan basah, proses ini lebih mudah karna tidak perlu memahat dinding beton lagi untuk memasang jalur instalasi lisrik.

Cara memasang instalasi listrik di rumah beton dan kayu agar rapi
Cara memasang instalasi listrik di rumah beton dan kayu agar rapi

Sedangkan untuk memasang cap lampu atau terminal jack atau saklar on – off pastikan cap dibelakangnya sudah tertempel pada dinding beton basah, tunggu hingga kering , lalu tutup lagi dengan cap terminal jack atau lampu, atau saklar on – off bagian depan dan pasang bautnya. Proses ini lebih memudahkan anda ketika memasang berbagai komponen instalasi lisrik yang tertempel di dinding beton.

#4. Bagi rumah kayu, pastikan menggunakan selang/viva/box di setiap jalur kabel
Bagi rumah berbahan kayu, lebih baik menggunakan pipa atau selang di setiap jalur instalasi lisrtik sebab akan terkesan lebih rapi.

Cara memasang instalasi listrik di rumah beton dan kayu agar rapi
Cara memasang instalasi listrik di rumah beton dan kayu agar rapi

bagi rumah yang menggunakan lapisan dinding dengan GRC board, pastikan pipa instalasi lisrik dipasang dibelakang GRC board agar tidak terlihat.

#5. Jika rumah ber-plafon, pasanglah kabel di bagian atas plafon agar tidak telihat jalur instalasi listrik
Ketika memasang kabel instalasi lisrik pada plafon rumah baik itu beton atau kayu, pastikan berada di bagian belakang flapon atas agar kabel tidak terjuntai kebawah dan terkesan lebih rapi.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan beberapa tips sederhana ketika ingin memasang instalasi rumah beton atau kayu ketika ingin membangun rumah baru, intinya agar rumah terkesan lebih rapi, usahakan kabel instalasi lisrik tidak terlihat dimana – mana, terutama untuk rumah kayu yang memang jalur instalasi lisrik agak terlihat dibandingkan jenis rumah berbahan beton. Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda mengenai masalah pemasangan instalasi lisrik, sampai jumpa lagi pada artikel menarik lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara memasang instalasi listrik di rumah beton dan kayu agar rapi"

Berlangganan via Email