Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Larangan Penting Ketika Menggunakan Mesin Cuci sebagai Upaya Perlindungan dan Pencegahan

15 Larangan Penting Ketika Menggunakan Mesin Cuci sebagai Upaya Perlindungan dan PencegahanMesin cuci adalah salah satu perlatan rumah tangga yang berfungsi untuk membersihkan berbagai jenis pakain yang kotor secara lebih efesien dan mudah. Penggunaan mesin cuci sudah tidak asing lagi bagi ibu-ibu rumah tangga, karna sangat membantu sekali untuk membersihkan pakaian keluarga. Pada umumnya mesin cuci terdiri dari 2 tabung yakni tabung tempat mencuci pakaian dan tabung tempat mengeringkan pakaian.  Varian mesin cuci sangat beragam mulai dari yang kecil dengan berat 6Kg serta yang paling besar yang sering kamu temui di tempat londry pakaian.

Penggunaan mesin cuci sudah menjadi kebutuhan pokok di rumah karna aktivitas mencuci sudah termasuk aktivitas yang rutin dilakukan setiap satu pekan sekali, apalagi jika anggota keluarga yang banyak, tentu aktivitas mencuci akan terasa berat jika dilakukan secara manual tanpa bantuan mesin cuci, untuk itu mesin cuci sudah menjadi kebutuhan pokok.


Agar mesin cuci yang kamu gunakan dapat bertahan lama, setidaknya kamu harus tahu beberapa Larangan Penting Ketika Menggunakan Mesin Cuci sebagai Upaya Perlindungan dan Pencegahan, nah apa saja itu, yuk simak penjelasan berikut ini:

Jangan memasukkan tangan kedalam tempat tabung pengering ketika mesin bekerja – ketika mesin dalam masa pengoperasian (ON) maka jangan sekali-kali mencoba memasukkan tangan anda kedalam tabung pengering walaupun pergerakan tabung pengering berjalan dengan lambat, jari anda mungkin dapat masuk kedalam. 

Stop penggunaan mesin jika tabung pengering tidak berhenti berputar lebih dari 15 detik setelah membuka penutupnya – jangan teruskan mencuci karna sangat berbahaya, dapat memicu kerusakan pada mesin cuci anda serta tejadinya konsleting pada mesin, saran segara off mesin cuci dan hubungi dan panggil tukang service mesin cuci.


Sumber tegangan listrik harus sesuai penggunaanya dengan kapasitas voltasenya – mesin cuci harus sesuai dipasang steker tersendiri dengan voltase (220 Volt, 50 Hz, bagian Listrik tersendiri) penggerak motor pada mesin cuci ini sebenarnya bervoltase 220 Volt, tetapi dapat juga dioperasikan normal antara jarak voltase minimal 198 Volt sampai maksimum 242 Volt.  

Jangan meletakkan mesin di dalam kamar mandi atau ditempat yang lembab – meletakkan mesin cuci secara sembarangan dapat memicu kebakaran dan konsleting arus listrik.

Letakkan dipermukaan keras dan rata – jika mesin diletakkan di atas lantai yang licin, lantai berbatu atau lantai yang kurang kuat, getaran dan suara akan sering terdengar dari biasanya.

Pastikan menggunakan penutup piringan – penggunaan penutup piringan akan mencegah cucian keluar dari tempatnya selama kipas berputar.

Jangan menyiram air di atas permukaan control panel – walaupun mesin cuci berhubungan dengan air, akan tetapi jangan sampai menyiram air di atas permukaan control panel, jika bagian control panel kotor dapat di Lap dengan kain saja.

Jangan meletakkan rikok, lilin atau benda apapun yang menyebabkan kebakaran diatas mesin cuci -  mesin cuci yang terbuat dari plastik akan mudah terbakar jika terkena api.

Keluarkan benda-benda yang ada di dalam pakaian sebelum di masukkan kedalam mesin cuci – benda-benda tajam akan merusak tabung cucian dan tabung pengering, keluarkan benda-benda logam pada pakaian yang akan dicuci.

Jangan memasukkan pakain berlumpur dan zat-zat kimia – pakaian berlumpur dan zat-zat kimia bensin, tiner, oli, dll. Karena bahan tersebut dapat menyebabkan kebakaran atau meledak.

Jangan mencuci atau mengeringkan pakaian-pakaian yang bertali – pakian yang bertali  dapat membuat mesin menyangkut dan rusak pada bagian mesin terutama pada bagian kipas.

Jangan menggunakan kabel atau adaptor yang rusak – kabel yang terhubung ke mesin cuci haruskan kualitas baik, jangan menggunakan kabel yang terkelupas, dapat memicu tegangan listrik jika terkena air.

Jangan biarkan anak-anak melihat terlau dekat ke dalam bak – anak-anak mungkin dapat jatuh kedalam bak, jangan biarkan anak-anak bermain dengan mesin cuci.
Jangan mendekatkan api dengan mesin – ini dapat menyebabkan kebakaran atau bahan-bahan plastik menjadi meleleh.

Jangan menggunakan air mendidih lebih dari 50 C – air yang terlalu panas memicu kerusakan pada tabung dan pemicu kebocoran.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan 15 Larangan Penting Ketika Menggunakan Mesin Cuci sebagai Upaya Perlindungan dan Pencegahan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagimu.

Baca Juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

1 komentar untuk "15 Larangan Penting Ketika Menggunakan Mesin Cuci sebagai Upaya Perlindungan dan Pencegahan "

Berlangganan via Email