Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 inspirasi hidup dari lebah (Selalu bisa bermanfaat untuk orang lain walaupun ketika seseorang ada yang menggangu dirimu)

7 inspirasi hidup dari lebah (Selalu bisa bermanfaat untuk orang lain walaupun ketika seseorang ada yang menggangu dirimu) - Manusia dilingkupi dengan berbagai krakter dan sifatnya masing-masing. Sifat – sifat ini lahir dari kebiasaan, lingkungan, dan cara didikan yang didapat baik dirumah, di sekolah, dan seluruh ruang lingkup  hidupnya.

Tak heran memang anak-anak yang dididik dari keluarga yang baik, lingkungan yang baik serta sekolah yang baik, tentu lebih berpeluang menghasilkan karakter yang baik pula.

Sebaliknya anak-anak yang dididik dari keluarga broken home, lingkungan yang tidak baik, pada umumnya lebih berpeluang menghasilkan krekter yang tidak baik, walalupun hal ini tidak berlaku secara mutlak.

Mengkaitkan tema artikel kali ini yaitu mengenai sifat lebah? Kenapa kita bisa mengambil pelajaran hidup seperti hidupnya lebah? Apa saja motivasi dan inspirasi yang dapat kita dapat? Agar lebih jelas, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

#Pelajaran hidup dari Lebah

Lebah merupakan salah satu binatang serangga yang hidup berkeloni yang dipimpin oleh sang ratu. Jika berbicara tentang lebah pasti tidak lepas dari madu? Madu merupakan salah satu zat yang dikeluarkan oleh lebah dari hasil netar bungga yang di kumpulkannya.

7 inspirasi hidup dari lebah (Selalu bisa bermanfaat untuk orang lain walaupun ketika seseorang ada yang menggangu dirimu)
7 inspirasi hidup dari lebah (Selalu bisa bermanfaat untuk orang lain walaupun ketika seseorang ada yang menggangu dirimu)

Banyak sekali motivasi dan inspirasi hidup yang dapat kita ambil dari kehidupan lebah, diantaranya sebagai berikut :
 
#1. Mengajarkan untuk hidup disiplin
mengajarkan hidup disiplin, lebah sangat disiplin dalam segala hal, baik urusan membangun sarang, pembagian tugas, waktu bekerja mencari netar, hingga kapan harus pulang ke sarang, dan lain – lainnya.

Disiplin – menghargai waktu – mampu memanjamen hidup merupakan modal yang harus dimiliki oleh manusia dalam mengarungi dunia yang fana ini.

Kesuksesan hidup berawal dari disiplin, ketika kamu sudah mampu menghargai tiap detik waktu kehidupanmu dengan hal – hal yang baik, mamadatkan rutinitas pada hal – hal positif tampa menyiakan 1 detik waktu hidup-mu.
 
#2. Mengajarkan untuk tidak boros
Lebah juga mengajarkan untuk tidak boros , lebah selalu menyesuaikan dan memperhitungkannya (mana yang baik dan benar), contohnya dalam pembuatan sarang, lebah menggunakan pola segi enam, dimana tidak ada area yang terbuang percuma namun tidak berlebihan.

Sikap boros merupakan sikap yang tidak baik, karna menimbulkan rasa berlebihan dan tidak bisa memanfaat sesuatu dengan baik serta masih banyak lagi efek yang ditumbulkan dari sifat boros.
 
#3. Tidak pernah menggangu siapapun dan menyusahkan binatang yang lain
Prinsip lebah yaitu ketika seseorang tidak menggangunya maka ia tidak akan pernah menggangu. Dalam proses pembuatan sarang-pun lebah juga melihat kondisi apakah disini menganggu aktivitas binatang lainnya atua tidak.

Artikel terkait lainnya : Hidup tidak teratur dan berantakan, dari mana memulai untuk memperbaikinya

Manusia harus mengambil pelajaran hidup dari sini, bahwa dimanapun kita hidup, berusahalah untuk tidak pernah menyusahkan orang lain, baik itu keluarga, tetangga, masyarakat maupun bernegara. Sebaliknya berusahalah selalu bisa bermanfaat untuk orang lain walaupun untu hanya sekedar untuk keluargamu, tetanggamu, atau lingkungan sekitar rumahmu.
 
#4. Merancanakan segalanya dengan seksama dan penuh tanggung jawab
Lebah hidup dalam koloni yang saling dukung-mendukung, semuanya teroganisir dan memiliki skema hidup yang telah diatur sebelumnya oleh sang ratu.

Sang ratu bertugas melahirkan anak – anak lebah baru sekaligus mengontrol lebah – lebah pekerja. Lebah pekerja bertugas untuk mengumpulkan nektar untuk menghasilkan madu, serta bertugas membuat sarang dan menjaga sarang dengan baik.

Inspirasi yang dapat kita ambil adalah kita harus mampu merencanakan segalanya dengan baik sesuai aturan yang telah anda  buat, selanjutnya mengerjakan semua itu dengan penuh tanggung jawab dengan dedikasi yang tinggi, sehingga menghasilkan apa yang anda inginkan dengan sebaik-baiknya (madu).
 
#5. Apapun yang dihasilkan dan di buatnya selalu bermanfaat untuk orang lain
Dari apa saja yang dihasilkan lebah selalu bisa bermanfaat, lebah menghasilkan madu yang apabila dikonsumsi manusia bisa menjadi obat. Sarang lebah jika diolah dengan dengan baik mampu dijadikan lilin terapi.

Inspirasi yang dapat kita ambil adalah, kita selalu mengerjakan rutinitas hidup dengan berbagai kesibukan – kesibukan, namun yang perlu kita tanamkan, apakah pekerjaan kita bisa bermanfaat untuk diri kita terlebih lagi untuk orang lain.

Memperhatikan segala bentuk yang kecil, apakah memiliki faedah atau tidak? Hal ini bertujuaan agar apa-apa saja yang kita lakukan, minimal harus baik untuk diri kita, serta baik pula untuk orang lain.
 
#6. Selalu bisa menguntukan untuk orang lain
Lebah pekerja mengambil nektar dari sari – sari bunga, namun tidak hanya mengambil begitu saja dan pergi,  namun lebuh membantu penyerbukan antara bungan jantan dan betina sehingga menjadikan bunga sebagai buah.

Inspirasi yang dapat kita ambil adalah manusia harus memiliki pribadi yang bisa berguna untuk orang banyak, serta tidak mengambil hak – hak memilik orang lain, tidak korupsi dan sebagainya.
 
#7. Walaupun menyengat tetapi masih bermanfaat untuk orang lain
Ketika ada salah satu binatang yang menggangu wilayah sarang lebah, lebah akan berusaha untuk menjaganya dengan baik dengan perlawanan sengatannya namun sengatan lebah bukanlah racun ataupun hal yang menyakiti binatang itu tatapi merupakan obat baginya.

Inspirasi yang dapat kita ambil adalah ketika seseorang dalam hidup kita ada yang mengusik atua menggangu, kita tidak boleh membalaskan dengan kajahatan pula, selama dalam tarap yang wajar, kita masih mampu menasehatinya atau memberikan contoh yang baik. Lebah tetap menyengat binatang yang mengusik sarangya, akan tatapi tidak membunuh ataupun melukainya tetapi melainkan sebagai obat baginya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai 7 inspirasi hidup dari lebah (Selalu bisa bermanfaat untuk orang lain walaupun ketika seseorang ada yang menggangu dirimu).

Al-Qur’an telah mengambarkan tentang kehidupan lebah, bahwa apa yang dihasilkan lebih (madu) sangat barmanfaat bagi manusia untuk kesehatan. Lebah adalah contoh bintang yang dapat anda jadikan inspirasi hidup agar menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang. Wasalam.

Baca juga :


Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "7 inspirasi hidup dari lebah (Selalu bisa bermanfaat untuk orang lain walaupun ketika seseorang ada yang menggangu dirimu)"

Berlangganan via Email