Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghilangkan kutu beras serta tips membasmi ulat pada pohon

Cara menghilangkan kutu beras serta tips membasmi ulat pada pohon - Bagi penduduk kampung sangat tidak asing lagi dengan aktivitas bercocok tanam dan berkebun, rata-rata mata pencaharian ataupun pekerjaan yang banyak digeluti di pedasaan yaitu bertani dan berkebun.

Salah satu tanaman yang paling banyak ditanam adalah padi yang menjadi beras. Beras termasuk makanan utama bagi negara indonesia.  Beras di olah menjadi nasi termasuk dari penyumbang zat karbohidrat bagi tubuh, jika makan tampa nasi terasa tidak makan “kata orang indonesia”.

Selama ini kita hanya tahu cara memasak nasi lalu mamakannya, padahal proses untuk mendapatkan berat melalui langkah dan tahapan yang cukup panjang termasuk perawatan dan kualitas beras.

Cara menghilangkan kutu beras serta tips membasmi ulat pada pohon
Cara menghilangkan kutu beras serta tips membasmi ulat pada pohon

Jika beras dijaga dengan baik, tentu terhindari dari jamur dan kutu beras, namun apabila beras hanya disimpan di lumbung – lumbung padi, tampa diolah atau dikonsumi dalam jangka waktu yang lama biasanya dapat memicu jamur dan kutu beras.

Tak heran memang untuk beberapa jenis kualitas beras rendah pada umumnya selalu meninggalkan dedak atau bahkan kutu beras. 

Sebagai kaum ibu – ibu pasti tahu bukan cara menghilangkan dedak ataupun berbagai binatang penggangu seperti kutu beras? Namun bagaimana caranya apabila binatang kutu beras terlalu banyak, karna terlalu lama di simpan? Nah, dalam artikel kali ini saya akan menyuguhkan beberapa tips cara menghilangkan  kutu beras.
 

#Cara membuang kutu beras secara mudah dan praktis

Kutu beras memang menjadi musuh utama dari makanan pokok kita yaitu beras, tak heran memang produk alat penyimpan  beras cukup laris dipasaran.
Aktivitas memasang nasi tidak akan lepas dari keseharian ibu – ibu rumah tangga, karna nasi adalah kebutuhan pokok yang wajib ketika hendak makan.


Bagaimana jadinya beras yang kita simpan mendadak banyak terdapat kutu beras, pasti repot bukan jika harus menghilangkan-nya atau membuang-nya satu persatu. Jangan risau berikut tips sederhana menghilangkan kutu beras pada beras, langkah – langkahnya sebagai berikut :

TIPS - Siapkan satu buah baskom, ukurannya disesuaikan dengan beras yang akan dimasukkan, tuangkan beras pada baskom tersebut, kemudin tutup rapat baskom tesebut dengan kain, selanjutnya jemurlah baskom yang telah di isi beras di terik sinar matahari langsung, tunggu hingga 2 jam, salanjunya anda perhatikan pada baskom  tersebut, semua kutu telah menempel pada serbet dan beras-pun siap di cuci untuk dimasak.

#Cara membasmi ulat pada pohon

Setiap pohon dan tumbuhan lainnya, pasti memiliki berbagai hewan penggangu, salah satunya ulat, pada musim – musim tertentu kadang – kadang sebuah pohon dapad dipenuhi dengan ulat, sehingga dalam waktu sekejap seluruh darun dan buahnya kadang – kadang menjadi rusak.

Ada beberap tips pecegahan agar binatang ulat dan parasit lainnya tidak berani menghinggapi sebuah pohon yaitu dengan cara memanfaatkan binatang serangga, coba anda perhatikan ketika pohon di huni oleh serangga dan dihuni oleh semut, lebih bagus mana buah yang dihasilkan? Tentu lebih mulus untuk jenis pohon yang telah di huni oleh koloni serangga, memang pada dasarnya antara pohon dan serangga saling mengungtungkan, pohon terlindungi dari hama ulat dan parasit sedangkan serangga mendapatkan berbagai jenis makanan yang diperolah dari binatang akan masuk ke sarangnya.

Namun bagaimana ketika pohon sudah terlanjur dihuni oleh koloni semut, biasanya untuk jenis pohon yang dihuni  oleh koloni semut lebih berkemungkinan untuk diserang hama ulat pohon, jika sudah begini tentu saja kualitas buah yang akan dihasilkan akan menurun.

Berikut ini beberapa tips sederhana cara menghilangkan ulat pohon dengan mudah secara tradisional, langkah – langkahnya sebagai berikut :

TIPS – campurkan kapur sirih yang dapat dibeli di toko besi dengan perbandingan 1 : 1. Cara mencampurnya harus betul – betul rata, sebaiknya tangan dibungkus plastik atau sarung tanga. Bungkuslah adonan tersebut dengan daun pisang secara memanjang atau dibungkus biasa, lalu ikatlah pada batang pohon, keesokaan harinya ulat – ulat akan mati berjatuhan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan cara Cara menghilangkan kutu beras serta tips membasmi ulat pada pohon.

Binatang kutu beras dan ulat memang sangat menggangu,  bagi kutu beras dapat menurunkan kualitas beras menjadi tidak sehat apabila tidak dihilangkan dan dicuci hingga bersih, sedangkan ulat pada pohon dapat mengurangi kualitas daun pohon serta merusak dapat merusak buah dari dalam dan luar.

Sebaiknya melakukan proses pencegahan ketimbang bagaimana cara menghilangkan kutu beras dan ulat, untuk kutu beras pada beras cara pencegahannya yaitu dengan menyimpan beras pada area bersih, tidak lembab, sebaiknya diletakkan dalam wadah beras atau tempat yang besar yang dapat ditutup rapat. Sedangkan untuk ulat pada pohon dengan cara membiarkan binatang serangga hidup di pohon, cara ini cukup efektif untuk langlah pencegahan ulat pohon secara tradisional.

Namun kebanyakan di era sekarang lebih mengedapakan hal yang simpel dan pasti seperti penggunaan bahan kimia seperti menghindari beras dihingga kutu beras atau pohon yang ber-ulat, cara ini sebenarnya tidak salah namun tidak baik jika digunakan secara terus menerus. Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan anda, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara menghilangkan kutu beras serta tips membasmi ulat pada pohon"

Berlangganan via Email