Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat Guci dan vas bunga dari kertas bekas

Cara membuat Guci dan vas bunga dari kertas bekasKertas adalah suatu bahan yang paling banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan manusia, seperti dalam bidang pendidikan, pekerjaan, indusri - pabrik dan lain sebagainya. Kebutuhan akan kertas tidak akan bisa di hilangkan walaupun di era sekarang media tulis banyak menggunakan alat – alat elektronik seperti notebook, computer,  dan leptop.

Dalam dunia pendidikan kertas digunakan sebagai wadah untuk menuangkan teks pelajaran dan ilmu pengetahuan, dalam bidang pekerjaan dan bisnis kartas digunakan sebagai media dokumen dan surat – surat penting lainnya, dalam bidang indusri kertas digunakan sebagai pembungkus alat – alat atau barang – barang yang akan dijual namun kertas yang digunakan tentu berbeda dengan kertas pada umumnya.

dalam bidang industri dan pabrik kertas yang paling banyak digunakan adalah kertas yang memiliki bentuk terksur keras dan kaku yang disesuaikan dengan fungsi dan kegunaanya, seperti untuk membungkus suatu produk, misal kertas pembukus susu bubuk, kertas pembungkus kopi dan tah, kertas pembungkus mie instan, dan juga kertas pembukus jajanan dan makanan ringan.

Setiap harinya pabrik – pabrik besar akan mengeluarkan berbagai produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan konsumen.  Produk yang telah dibuat tentu akan di distribusikan ke berbagai daerah untuk dibeli oleh konsumen.

Produk yang telah laku dijual ataupun dipakai tentu meninggalkan berbagai sampah baik itu berbentuk plastik maupun yang berbentuk kertas. Sampah plastik sudah menjadi hal yang dasar jika harus digunakan ulang karna sifatnya yang tidak mudah rusak, tapi bagaimana untuk jenis sampah kertas yang sifatnya mudah sekali rusak serta harganyapun jauh lebih murah dari pada sampah platik jika dikumpulkan kepada agen – agen penampung barang bekas.

Dari sinilah saya tertarikk untuk mengembangkan berbagai bentuk kerajinan tangan dari sampah – sampah kertas dari hasil produk, mengingat jumlah sampah dalam satu rumah bisa mencapai 5Kg perhari, sedangkan untuk perusahan atau bisnis pedagang kaki lima bisa mencapai 10kg dalam sehari, jika kita kumpulkan dalam satu kampung pasti kebutuhan industry kerajinan tangan ini dapat terpenuhi.

Dalam kesempatan kali ini kita akan mengulas mengenai Cara membuat Guci dan vas bunga dari kertas bekas, selain dari pada bentuk guci ataupun vas bunga, anda dapat mengkreasikannya dalam bentuk yang lain seperti bentuk – bentuk binatang sebagai hiasan di rumah. Oke, tampa memperpanjang uraian singkat ini, mari kita simak ulasan pembuatannya berikut ini.

#Cara membuat Guci dan vas bunga dari kertas bekas

Dalam indusri rumahan yang dibuat tentu banyak sekali faktor yang dipertimbangkan, salah satunya minat konsumen akan barang yang telah dibuat.

Kenapa saya melirik membuat vas bunga, sebab kebutuhan akan mendekor rumah bagi setiap ibu –ibu rumah tangga sangat-lah penting, salah satu bagia yang terpenting adalah penepatan bunga – bunga disudut rumah, nah dari sinilah saya tertarik untuk membuat kerajinan tangan dari kertas bekas dijadikan vas bunga. Sebelum ke proses pembuatan mari kita siapkan terlebih dahulu bahan dan alat- alat-nya.

#kereteria kertas yang digunakan serta alat yang digunakan
Dalam proses pembuatan kerajinan tangan ini, bahan utama-nya adalah kertas sehingga tentu kita harus menyiapkan kertas – kertas yang akan digunakan.

Tidak semua kertas bekas dapat digunakan, sebab hanya kertas yang memiliki tekstur agak keras (agak sedikit lunak) yang hanya dapat digunakan. Beberapa contoh seperti bekas pembungkus produk yang dapat kita gunakan, seperti pembungkus obat nyamuk, pembungkus susu bubuk, pembungkus rok@K, pembungkus makanan ringan,kalender, dan sejenisnya. Intinya kertas yang digunakan harus seperti minimal seperti pembungkus Rok@k.

Artikel terkait lainnya : Cara memanfaatkan plastik minuman gelas menjadi tempat wadah telur yang unik

sedangkan untuk alat pendukungnya hanyalah gunting  dan lem kertas dan juga sedikit imajinasi anda dalam bermain warna.

#Proses pembuatan Guci dan vas bunga dari kertas bekas
Langkah pertama – siapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatan vas bunga dari kertas bekas.

Langkah kedua – ambil kertas bekas yang telah kamu kumpulkan, dan kamu kelompokkan atau sortir sesuai dengan jenis warnya, contoh kuning dengan kuning, merah dengan merah, jika terdapat kombinasi warna dalam kertas bekas pilih saja sesuai dengan warna yang dominan.

Langkah ketiga – gunting kertas bekas dengan panjang dan lebar yang kamu dapat sesuaikan dengan ukuran vas bunga yang akan kamu buat (lihat pada gambar), sedangkan untuk jenis bentuk kertas yang digunting harus berbentuk bangun datar trapesium.

Langkah keempat – setelah terbentuk beberapa bangun datar trapesium, langkah selanjutnya  lipat ujung sisi segitiga bangunan trapesium tersebut hingga membantu bagunan persegi panjang, lakukan pada sisi lainnya.

Langkah kelima – setelah itu lipat kembali dengan memabagi dua bagian sama rata pada bagian tengah bagunan persegi panjang tersebut hingga membentuk bangunan persegi yang lebih kecil, agar lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini.

Cara membuat Guci dan vas bunga dari kertas bekas
Cara membuat Guci dan vas bunga dari kertas bekas

Langkah keenam – langkah selanjutnya lipat pada ujung persegi menjadi bentuk segitiga, lakukan pada sisi lainnya, maka akan terbentuk bagunan persegi siku – siku.

Cara membuat Guci dan vas bunga dari kertas bekas
Cara membuat Guci dan vas bunga dari kertas bekas

Langkah setujuh – setelah beberapa bentuk segitiga yang telah kamu buat, ingat pisahkan sesuai dengan warna dari kertas, buatlah dalam jumlah yang banyak sehingga akan memudahkan proses merangakinya.

Langkah kedelapan – tinggal ketahap perangkaain bentuk vas bunga, disini kreativitas motiv dan imanjinasi anda sangat dibutuhkan, untuk proses perangkaiannya yaitu dengan memasukkn ujung sudut segitiga pada lubang ketas segitiga yang lainnya, sebelum di masukkan antara satu kertas dengan kertas lain, berikan lem kertas terlebih dahulu pada ujung – ujung kertas yang akan dimasukkan.  Dalam proses perangkaian, harus dimulai dari dasar atau pondasi vas bunga selanjutnya di iringi dengan perangkain badan dan atas vas bunga, setaip cara – cara penyusunan hampir sama, yang membedakan-nya hanya pada bagian pondasi (untuk lebih jelasnya lihat pada gambar).

Cara membuat Guci dan vas bunga dari kertas bekas
Cara membuat Guci dan vas bunga dari kertas bekas

Langkah kesembilan – sesuiakan warna dan pola kertas yang akan dirangkan sehingga menghasilkan motif – motif vas bunga yang indah. Hasil finishing dari kerajinan tangan vas bunga dari kertas yaitu seperti gambar dibawah ini.

Cara membuat Guci dan vas bunga dari kertas bekas
Cara membuat Guci dan vas bunga dari kertas bekas

Nah, cantik bukan, selain membentuk vas bunga kamu juga dapat mengkreasikannya dengan bentuk guci, wadah telur, atau berbagai bentuk bintang seperti burung.

Catatan : jika kamu ingin membuat bentuk vas bunga ataupun guci dengan diameter yang besar maka bentuklah setiap  bentuk trapesium yang memiliki lebar dan panjang yang bensar pula. Agar hasil akhir menjadi sangat rapi, usahakan menggunting dan membentuk bangunan dengan baik, selain itu lipat dan masukkan dengan sempurna dan sama rata sehingga bangunan vas bunga yang dibentuk akan terlihat semetri dan indah
.
#kelebihan dan kekurangan vas bunga dari kertas bekas
Walupun vas bunga dari kertas merupakan bentuk kerajinan tangan daru ulang, namun kerajinan ini memiliki nilai jual yang tinggi serta memiliki keindahan tersendiri. Kelebihan dari vas bunga kertas yaitu sangat ramah lingkungan karna merupakan proses daur ulang menjadi produk yang lebih ekonomis dan modelis terbaru, tidak mudah pecah apabila terjatuh karna terbuat dari kertas. 

Sedangkan kekurangannya, vas bunga tidak tahan air sehingga tidak bisa digunakan untuk jenis bunga  hidup yang membutuhkan air, mudah berdebu karna terbuat dari kertas, serta tidak se-awet vas bunga yang terbuat dari kaca atau keramik.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan proses pembuatan vas bunga dari kertas bekas, semoga saja tutorial ini dapat membantu anda untuk mengembangkan bisnis kerajinan tangan dari bahan daur ulang dari bahan kertas. Di era sekarang pemanfaatan sampah kertas pada umumnya hanya berbasis kertas yang memiliki bentuk yang lebih besar dan keras seperti kertas kardus pembungkus mie instan, sedangkan untuk jenis kertas skala sedang seperti kertas pembungkus produk susu bubuk, sangat jarang sekali lebih hanya dibuang atau di bakar saja.

Dengan ketersediaan bahan yang banyak bisa menjadi keuntungan yang besar jika anda ingin membuat kerajinan tangan dari kertas menjadi berbagai aksesoris penghias atau pendekor rumah. Sampai jumpa lagi pada artikel kerajinan tangan yang unik lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membuat Guci dan vas bunga dari kertas bekas"

Berlangganan via Email